MAKALAH
SISTEM LAYANAN REFERENSI
DI PERPUSTAKAAN PLANOLOGI
FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS
DIPONEGORO
OLEH:
Nama: Nigitha joszy
NIM: 13040112140081
Kelas: D
Jurusan Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro
Nama: Nigitha joszy
NIM: 13040112140081
Kelas: D
Jurusan Ilmu Perpustakaan
Fakultas Ilmu Budaya Universitas Diponegoro
BAB I
LATAR
BELAKANG
Layanan perpustakaan adalah pemberian informasi kepada
pengguna perpustakaan. Melalui layanan perpustakaan, pengguna dapat memperoleh
informasi-informasi yang dibutuhkan secara maksimal. Sedangkan pengertian
informasi menurut Soejono Trimo (1987:2) adalah sekumpulan data yang telah
diproses dalam format tertentu yang memberikan arti kepada yang menerimanya,
mengandung surprise, dan bersifat tidak statis sebagai bahan pengambilan
keputusan.
Berdasarkan batasan istilah tersebut diatas, tidaklah
berlebihan bila dikatakan bahwa di era abad informasi ini, diperlukan suatu
perpustakaan yang memiliki kesigapan dalam memberikan layanan informasi.
Layanan diberikan atas dasar keseragaman, keadilan dan pemerataan serta
dilaksanakan secara optimal dan dilandasi oleh peraturan yang jelas. Sehingga dapat
terlaksana secara cepat, tepat dan mudah melalui cara yang teratur, terarah dan
cermat. Sekaligus mempermudah dan memuaskan pengunjung yang datang ke
perpustakaan.
Sekarang ini, banyak yang menyebutkan bahwa layanan
referensi pada sebuah perpustakaan itu sangat penting. Sehingga dibutuhkan
pustakawan yang ahli pada bidang tersebut. Seperti yang telah kita ketahui,
bahwa layanan referensi adalah layanan rujukan untuk merujuk pada suatu
informasi yang langsung pada intinya. Setiap perpustakaan memiliki kebijakan
berbeda-beda terhadap adanya layanan referensi tersebut. Pada intinya layanan
referensi itu ditujukan pada koleksi-koleksi yang digunakan untuk merujuk serta
ada juga yang mengatakan bahwa koleksi referensi adalah koleksi bahan pustaka
yang hanya di baca ditempat sehingga tidak untuk dipinjamkan.
Layanan referensi pada setiap perpustakaan
berbeda-beda. Pembahasan kali ini yaitu mengenai Layanan Referensi yang ada di
perpustakaan Jurusan Planologi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro sebagai
sampel media observasi kita.
BAB
II
Visi
dan Misi
Visi
Misi Perpustakaan Planologi
Visi
dan Misi perpustakaan ini sendiri disamakan dengan perpustakaan di UPT, yaitu :
·
Visi
Melayani kebutuhan informasi mahasiswa untuk menuju mahasiswa yang berguna bagi nusa dan bangsa.
Melayani kebutuhan informasi mahasiswa untuk menuju mahasiswa yang berguna bagi nusa dan bangsa.
·
Misi
1.
Mencerdaskan
mahasiswa;
2.
Menjadikan
mahasiswa yang mandiri;
3.
Menjadikan
mahasiswa yang kreatif.
BAB
III
Jenis
Koleksi
Koleksi referensi adalah jenis koleksi yang biasanya langka. Artinya, ada kemungkinan koleksi
ini hanya ada satu eksemplar di perpustakaan tersebut ataupun dokumen penting
seperti skripsi, TA dll, sehingga akan ada kebijakan sendiri dari masing-masing
perpustakaan seperti misalnya tidak bisa dipinjam untuk dibawa keluar
perpustakaan atau hanya bisa dibaca di perpustakaan. Biasanya koleksi semacam
ini juga tidak bisa diakses bebas oleh pengunjung meskipun ada di dalam
perpustakaan. Artinya peminjam harus melalui pustakawan atau petugas
perpustakaan yang di sana.
Berikut adalah jenis koleksi
referensi yang ada
di perpustakaan planologi:
·
Buku luar negeri
Buku
luar negeri adalah buku terbitan
dari institusi atau perorangan luar negri yang dimiliki oleh perpustakaan
planologi. Kemungkinan isinya dalam bahasa asing.
·
Prossiding
Kumpulan
dari paper- paper akademis yang di publikasikan dalam suatu seminar akademis.
·
Skripsi
Karangan
ilmiah yang di buat oleh mahasiswa yang wajib di kerjakan untuk persyaratan
akademis.
·
Buku Langka
Buku
yang sudah jarang terbit atau tidak di publikasikan, hanya memiliki koleksi
terbatas.
·
Kamus
Jenis
rujukan yang menerangkan kata- kata sukar atau kata- kata asing, dengan proses penemuan kembali informasi berdasarkan
abjad.
BAB
lV
LAYANAN
Jenis koleksi referensi di perpustakaan
planologi, fakultas teknik, universitas diponegoro berbasis layanan tertutup.
Ada ruang tersendiri untuk layanan referensi. Ruang tersebut hanya dapat di
buka oleh pegawai perpustakaan. Mahasiswa yang ingin meminjam buku referensi
bertanya ke pustakawan buku apa yang ingin di pinjam kemudian pustakawan
mengambilkan di ruang referensi.
A. Pengertian
Pelayanan
referensi adalah:
Ø Salah
satu kegiatan pokok yang dilakukan diperpustakaan, yang khusus menyajikan koleksi
referensi kepada pemustaka.
Ø Suatu
kegiatan pelayanan untuk membantu para
pemustaka menemukan informasi dengan cara:
-
Menerima pertanyaan – pertanyaan dari para pemustaka dan kemudian menjawab
dengan menggunakan koleksi referensi;
-
Memberikan bimbingan
untuk menemukan koleksi referensi yang diperlukan untuk menemukan informasi
yang dibutuhkan oleh pemustaka;
-
Memberikan bimbingan
kepada para pemustaka tentang
bagaimana menggunakan setiap bahan pustaka koleksi referensi.
B. Dasar – Dasar Pelayanan Referensi
1. Tujuan
a. Mengarahkan
pemustaka menemukan informasi
yang dibutuhkan dengan tepat dan cepat.
b. Memampukan pemustaka menelusuri informasi dengan
menggunakan berbagai pilihan sumber informasi yang lebih luas.
c. Memampukan pemustaka menggunakan setiap bahan pustaka koleksi
referensi dengan lebih tepat guna.
Sesuai tujuan diatas, petugas perpustakaan planologi
sudah melakukan tugasnya dengan baik. Mereka memberikan pelayanan yang memang
dibutuhkan oleh pengunjung perpustakaan, meskipun tidak semua koleksi referensi
yang dibutuhkan pengunjung tersedia di perpustakaan.
2. Informasi
a. Informasi
Informasi memberikan jawaban atas
pertanyaan – pertanyaan tentang informasi yang
dibutuhkan oleh para pemustaka.
b. Bimbingan
Memberikan bimbingan
kepada para pemustaka untuk menemukan bahan pustaka
dalam kelompok koleksi referensi yang tepat sesuai dengan bidang masing – masing, dan bagaimana pula
menggunakannya untuk menemukan
informasi yang dikehendaki.
c. Pemilihan atau penilaian
Memberikan petunjuk atau pengertian tentang
bagaimana cara memilih maupun menilai
bahan pustaka dalam kelompok
koleksi referensi yang bermutu dan berbobot ilmiah agar diperoleh sumber
informasi yang berdayaguna maksimal.
Informasi yang kita butuhkan dalam
perpustakaan memang sewajarnya dapat kita ketahui melalui petugas perpustakaan
yang ada di perpustakaan. Dalam observasi yang dilakukan di perpustakaan
planologi ini, kami mendapatkan layanan yang cukup memuaskan, karena mereka
memberikan informasi tentang apa yang kami butuhkan dengan ramah dan totalitas.
Apa yang kami tanyakan selalu mereka jawab, meskipun ada beberapa hal yang
tidak mereka ketahui, mereka tetap sopan dan ramah.
3. Penunjang
Untuk dapat mencapai
tujuan dan berfungsi seperti tersebut diatas, suatu Unit Pelayanan Referensi di
perpustakaan perlu ditunjang:
a. Petugas
referensi yang cakap, dengan syarat seperti berikut:
-
Merupakan petugas tetap
pada Unit Pelayanan Referensi;
-
Bersikap ramah dan
berkebiasaan tekun, cermat dan telaten;
-
Bersikap terbuka dan
selalu siap memberikan bantuan kepada para pemustaka;
-
Memiliki pengetahuan
umum yang cukup luas;
-
Mengetahui berbagai
jenis bahan pustaka termasuk dalam kelompok koleksi referensi dan bagaimana
pula cara penggunaan masing – masing;
-
Mampu memberikan
bimbingan maupun petunjuk
praktis kepada para pemustaka dalam
upaya memilih dan menggunakan koleksi referensi yang dikehendaki sesuai dengan
bidang pengetahuan masing – masing.
b. Koleksi
referensi yang lengkap dan berbobot ilmiah, yang disajikan dalam rak terbuka
yang rapi, bersih, dan mudah dicapai.
c. Perabot
dan perlengkapan perpustakaan yang lengkap dan tata ruang yang nyaman serta
aman untuk tempat studi para pemustaka.
d. Kerjasama
yang baik dan saling menguntungkan antar perpustakaan dalam bidang pelayanan
referensi (menyediakan sumber informasi) kepada para pemakai/pengunjung
perpustakaan.
Kami menemukan perpustakaan yang bisa dikatakan hampir
mendekati sempurna dalam hal pelayanan dan keramahtamahan petugasnya. Petugas
menerima kami dengan baik dan membantu kami melakukan observasi dengan menjawab
pertanyaan – pertanyaan yang kami tanyakan.
Untuk koleksi sendiri, karena perpustakaan ini adalah
perpustakaan planologi, jadi isi koleksi adalah hal-hal yang menyangkut dengan
jurusan ini, meski ada bahasan ekonomi, manajemen dan lainnya tapi tetap unsur
utamanya mengandung tata kota. Selain koleksi cetak ada juga e-book yang bisa
diakses di perpustakaan langsung melalui computer yang tersedia. Koleksi ini
juga bisa diminta oleh pengunjung dengan meminta filenya melalui petugas
perpustakaan. Jadi bisa dibaca dirumah.
Di setiap meja terdapat saklar yang disediakan jika
pengunjung membawa laptop sendiri dan butuh untuk charger.
Hubungan antara pengunjung dan petugas terlihat baik
dan bersahabat. Sehingga akan saling membantu dan menguntungkan pasti.
BAB
V
TATA TERTIB
Setiap institusi, lembaga, organisasi atau lainnya
pastilah mempunyai tata tertib masing-masing. Tata tertib ini dibutuhkan untuk
mengontrol setiap perilaku yang dilakukan oleh pengguna agar pengguna tidak
berbuat sesuka sendiri. Begitu juga dengan perpustakaan planologi ini sendiri.
Perpustakaan ini memiliki tata tertib yang harus dipatuhi oleh semua pengunjung
perpustakaan. Berikut adalah tata tertib perpustakaan
planologi Fakultas Teknik Universitas Diponegoro:
1. Pemakai
perpustakan harus terdaftar dan punya kartu anggota
2. Jangka
waktu peminjaman paling lambat 3 hari
3. Peminjaman
lebih dari 3 hari akan dikenakan denda
4. Jika
akan perpanjang waktu pinjam, koleksi harus dibawa.
5. Kartu
Anggota tidak boleh digunakan orang lain.
6. Setiap
masuk perpustakaan, harus menunjukkan kartu anggota.
BAB
VI
ANALISIS
Layanan referensi di Perpustakaan Jurusan Planologi Fakultas Teknik
Universitas Diponegoro adalah jenis layanan melalui petugas perpustakaan
terlebih dahulu. Koleksi yang ingin dibaca harus atas izin dari petugas.
Koleksi ini yaitu Buku Luar Negeri, Prosiding, Skripsi, Buku Langka dan Kamus.
Koleksi-koleksi ini terletak di ruangan tersendiri di dalam perpustakaan dan
hanya petugas perpustakaan yang bisa masuk ke ruang tersebut. Perabotan dan
perlengkapan yang ada di perpustakaan ini sudah cukup memadai. Tersedia meja
kursi yang layak guna, ruangan berAC dan juga tersedia komputer. Perpustakaan
ini memiliki petugas perpustakaan yang ramah dan sopan terhadap setiap
pengunjung. Mereka memiliki visi misi yang jelas meski disamakan dengan visi
misi perpustakaan UPT. Mereka juga menekankan tata tertib kepada semua
pengunjung agar mematuhinya.
Menurut kami, perpustakaan planologi sudah cukup layak untuk masuk
daftar perpustakaan yang ideal, karena dilihat dari koleksi, layanan, tata
ruang, perlengkapan dan juga petugas yang baik. Di perpustakaan ini tidak ada
ruang panas juga tidak ada petugas galak. Koleksi-koleksi yang ada tersusun
rapi dan penuh dari notasi pokok klasifikasi 000-900. Kita juga tidak perlu
khawatir jika membawa laptop dan kehabisan battery, karena di setiap meja
disana terdapat saluran kabel. Bahkan tersedia beberapa komputer bagi
pengunjung untuk menggunakan layanan internet ataupun sekedar membuat tugas
melalui computer tersebut. Semua aspek ini tersedia dan saling melengkapi satu
sama lain, sehingga terasa komplit serta nyaman untuk dikunjungi.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar