Pages

Selasa, 20 November 2012


ILMU PERPUSTAKAAN PINTU MENUJU SUKSES
Di Universitas Diponegoro aku memilih Ilmu perpustakaan sebagai pilihan utama. Awalnya aku sebenarnya tidak begitu tertarik dengan jurusan ilmu perpustakaan. Mungkin karena begitu banyak teman-temanku yang meremehkannya. Biasalah, anak zaman sekarang suka berburu gengsi saja. Tidak berpikir bagaimana prospek kedepan dan kemampuan kita dalam menekuninya. Tentunya yang tak kalah penting juga masalah biaya yang harus dikeluarkan. Namun, setelah aku mencari beberapa informasi tentang apa itu ilmu perpustakaan? Apa saja yang dipelajari? Bagaimana prospek kedepannya? Tentunya kepada sumber yang terpercaya. Aku  langsung begitu tertarik dan bahkan mulai mengidolakannya. Bisa kalian bayangkan betapa menariknya ilmu perpustakaan. Sehingga dapat membuatku jatuh hati padanya. Karena apa? Akan saya ceritakan sedetail mungkin, insyaallah.
Awal mulanya setelah lulus SMA aku belum juga yakin dengan impian dan cita-citaku. Apakah aku pantas? Apakah aku mampu? Bagaimana kalau aku terjatuh di tengah-tengah cita-citaku? Bagaimana dengan keinginan dan harapan orang tuaku? Begitu banyak pertanyaan yang membuat aku gelisah alias “galau tingkat tinggi”. Betapa frustasinya aku pada saat itu. Cita-cita, mengapa dibenakku hanya itu-itu saja. Cita-cita kalau tidak jadi dokter ya polisi, guru, insinyur, pengacara, hakim, dll. Dasar manusia berpikiran sempit. Padahal banyak bidang usaha lain yang dapat ditekuni. Seharusnya sebagai penerus bangsa kita berusaha meningkatkan perekonomian bangsa. Salah satu caranya dengan membuka lapangan kerja bukan hanya “nebeng” dan tidak berinovasi. Namun karena aku terlalu sibuk dengan pertentangan dalam pikiran dan hatiku. Padahal waktu terus berjalan sehingga menuntutku untuk segera menentukan arah. Akhirnya aku mengikuti keinginan orang tuaku terlebih dahulu. Disuruh daftar ini itu sampai pusing aku. Ikut tes ini itu, akhirnya karena Allah berkehendak lain. SNMPTN aku tidak diterima, mungkin karena pilihan orang tuaku terlalu tinggi sehingga tidak sesuai dengan kemampuanku. Tentunya aku tidak sebodoh yang kalian pikir, aku juga ditrima di PTS. Hehee
Walaupun banyak orang yang meremehkan jurusan ilmu perpustakaan bahkan saudaraku sendiri, katanya, “mau jadi apa masuk jurusan ilmu perpustakaan? Mau kerja apa kamu? Sekolah mahal-mahal malah memilih ilmu perpustakaan!”. “ lebih baik kedokteran saja yang sudah pasti masa depannya”. Mungkin hal tersebut terjadi pada kalian juga yang membaca ini. Saya begitu sakit hati dengan kata-kata itu sampai saya tidak mampu mengatakan apapun dan hanya menahan tangis. Seakan-akan mereka merendahkanku sampai serendah rendahnya serta menghinaku didepan mataku sendiri. Menurut saya jurusan kedokteran juga tidak begitu menjanjikan, hanya dapat gengsinya saja mungkindan tentunya menghabiskan uang banyak. Yang terpenting adalah keseriusan dan semangat dalam menekuni bidang study apapun. Namun kata-kata yang meremehkan ilmu perpustakaan itu kan menjadi tonggak kuat motivasiku. Agar aku benar-benar serius dalam pembelajaran nantinya. Sehingga saya dapat menunjukkan kepada mereka bahwa saya bisa meraih kesuksesan melalui ilmu perpustakaan. Mungkin saya sekarang bukan yang terbaik bahkan tidak bisa dibandingkan dengan kalian semua. Namun insyaallah saya akan berusaha menjadi yang lebih baik mulai dari sekarang.
Begitu banyak perjuangan saya untuk masuk ilmu perpustakaan. Bayangkan saja, sya dulu SMA jurusan IPA, Kemudian harus belajar IPS dalam waktu seminggu sajauntuk persiapan tes masuk. Itu juga tidak seminggu penuh. Serta mengingat banyaknya rintangan dan halangan yang selalu menerpaku mulai dari awal sampai akhir. Karena begitu banyaknya sampai-sampai saya malu menceritakannya. Mungkin itu cobaan dari Allah SWT agar saya menjadi yang lebih baik serta mendapatkan pintu terbaik menuju sukses.
Kalian tau tidak? Menurut sumber yang teepercaya. Mata kuliah ilmu perpustakaan tidak monoton tentang perpustakaaan saja. Yang menarik karena ada komputer-komputernya. Kita akan belajar tentang Database, Teknologi media Grafis, jaringan informasi digital, manajemen digital library dll. Ya kalu tidak jadi pustakawan paling tidak kita menjadi orang yang cukup berkompeten sama yang berbau komputer. Kemudian juga ada mata kuliah yang mirip-mirip dengan manajemen seperti “administrasi lembaga informasi” mata kuliah tersebut kentak sekali nuansa manajemennya. Kebetulan saja saya suka dengan manajemen. Katanya di ilmu perpustakaan kita akan belajar mulai dari memahami karyawan, ruang kerja yang efektif hingga tentang pengelolaan sebuah lembaga dengan teori-teori dari barat dan asia. Dan ada juga mata kuliah yang tak kalah menariknya yaitu mnajemen perpustakaan pendidikan, manajemen perpustakaan komunitas, manajemen gedung dan peralatan lembaga informasi. Itu semua membuat saya tertarik. Ternyata ilmu perpustakaan tidak monoton tentang bukusaja. Apalagi kita dapat mata kuliah bahasa inggris sampai bahasa inggris profesional. Pasti semakin seru sekali.
Dari artikel yang saya baca juga prospek kerja ilmu pepustakaan cukup baik. Sehingga saya tidakperlu khawatir dengan harapanku. Yang terpenting adalah ditekuni dengan serius dan tetap semangat. Dari mata kuliah yang berbau komputer dan database tentunya nanti kita bisa menjadi orang yang cukup mampu menjadi pengelola database atau database marker. Sekarang perusahaan besar mana yang tidak butuh seorang ahli database. Bahkan seorang pencipta database saja tidak cukup karena di mata kuliah lainnya kita belajar tentang manajemen koleksi yang akan berhubungan dengan kemudahan temu balik dokumen dalam deskripsi. Ini yang membuat kita mempunyai nilai plus dibandingkan dengan sarjana ilmu komputer. Selain itu kita bisa menjadi website designer hingga manajer, secara kita belajar manajemen juga kan?
Kabarnya juga sekarang ini pustakawan juga sedang banyak dibutuhkan. Sepertinya hal itu memang benar. Apalagi sekarang hampir semua perusahaan harus mempunyai tatanan dokumen yang lengkap dan rapi, itu juga kembali pada masalah kearsipan. Masih banyak sekali peluang kerja lainnya. Sehingga saya sangat bersyukur sekali dapat diterima di jurusan ilmu perpustakaan Undip. Saya bangga pada diri saya endiri. Walaupun banyak cobaan tapi saya berani membuat keputusan. Saya akan bertanggungjawab atas diterimanya saya di ilmu perpustakaan Undip. Semoga saya tidak mengecewakan orang tua.  

6 komentar:

  1. Wow wow wow... aq juga sempat mengalami itu. Kabar baiknya saya gk begitu mikirin apa kata orang. hehe..

    Keep writing Joszy. Ni ada beberapa curhatanku di http://jejeffri.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Sama banget kaa. Saya sekarang kelas 12. Saya bilang keteman saya kalo saya ngambil jurusan ilmu perpustakaan undip. Eh teman2 saya pada bilang "lu mau jadi apa ngambil ilmu perpus? Mau ngejagain gramedia?" Kesel banget + sedih tapi yaudahlah yah mereka ngomong gitu kan karena mereka gak tau. Doain yah ka biar saya diterima di ilmu perpustakaan undip tahun 2014, amin

    BalasHapus
  3. klo matku ilmu perpustakaan jg ada filsafat ya? itu matkul wajib?

    BalasHapus
  4. sangat menarik curhatannya, saya juga ingin mengambil jurusan ilmu perpustakaan juga

    BalasHapus
  5. kalau yang gaptek komputer gimana ? takutnya trtinggal dengan yang lain.

    BalasHapus
  6. PROGRAM STUDI ILMU PERPUSTAKAAN (S1) Universitas YARSI
    Tujuan

    Menghasilkan tenaga ahli penuh perpustakaan, dokumentasi dan informasi muslim yang :

    Mempunyai sikap profesional, trampil, mandiri, bermutu tinggi, berakhlak mulia, berkepribadian Indonesia sesuai dengan Islam.
    Menguasai dasar-dasar ilmu pengetahuan, metodologi di bidang ilmu perpustakaan dan informasi sehingga mampu menemukan, memahami menjelaskan dan merumuskan cara penyelesaian masalah yang berkaitan dengan ilmu perpustakaan.
    Menguasai konsep-konsep teknologi informasi di bidang ilmu pengetahuan sejalan dengan pengembangan ilmu & teknologi, khususnya teknologi komputer.
    Mampu merencanakan, mengelola dan mengembangkan perpustakaan digital.
    Mampu. membuat disain dan pemrograman web.
    Mampu mengembangkan software perpustakaan opensource seperti SLIMS.
    Mampu mengikuti perkembangan pengetahuan dan ketrampilan di bidang ilmu perpustakaan sejalan dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi khususnya ilmu komputer

    Menerima calon mahasiswa dari SMA, Diploma, dan S-1 Bidang Lain

    Waktu perkuliahan: Senin s.d. Sabtu, jam 08.00 WIB – selesai

    silahkan kunjungi kami di:
    http://fti.yarsi.ac.id/program-studi-ilmu-perpustakaan-s1/

    BalasHapus