Pages

Rabu, 10 April 2013

Membuat Perpustakaan Digital


My Library FAQ
Anda dapat membuat perpustakaan pribadi pada Google Buku yang memungkinkan Anda mengatur, meresensi, memeringkat, dan menelusuri pilihan buku yang telah disesuaikan dengan kehendak Anda. Semua koleksi ini sudah tersedia daring, dan dapat diakses di mana saja Anda dapat masuk ke akun Google. Rak buku yang disetel menjadi "publik" (dengan ikon yang menampilkan dua orang) dapat dilihat secara publik oleh teman yang mengetahui URL koleksi Anda. Jadi, setelah menyusun koleksi, Anda dapat membaginya dengan mereka dengan mengirimkan tautan ke perpustakaan di Google Buku.
Memulai...
Langkah 1: Masuk ke akun Google
Anda harus
 masuk ke Google Buku menggunakan Akun Google untuk menambahkan judul buku ke perpustakaan atau menulis resensi. Belum punya akun? Buat dihttp://www.google.com/accounts.
Langkah 2: Tambahkan buku ke perpustakaan
Tambahkan satu buku: Anda dapat menambahkan buku apa saja di indeks Google Buku ke perpustakaan Anda. Cukup klik tautan 'Tambahkan ke rak buku' yang Anda temukan di laman hasil penelusuran, di kolom kanan halaman buku, dan laman 'Ikhtisar' pada semua judul di Google Buku.
Rak buku yang bertanda "publik" (dengan ikon yang menampilkan dua orang) akan dipublikasikan secara daring. Anda bebas mengubah rak buku dari publik menjadi pribadi dengan mengeklik nama rak buku di kolom kiri, kemudian klik 'Opsi' dan 'Edit Properti.' Saat layar Edit Properti muncul, klik tautan 'Jadikan pribadi' di sebelah 'Visibilitas.'
Tambahkan daftar buku: Anda juga dapat mengimpor daftar buku ke perpustakaan Anda dengan mudah. Saat melihat rak buku dalam "Perpustakaanku" pada Google Buku, klik "Opsi," lalu pilih "Tambahkan berdasarkan ISBN atau ISSN." Masukkan satu ISBN atau ISSN per baris, dan klik tombol "Tambah buku" setelah selesai.
Langkah 3: Ubahsuaikan perpustakaan dengan menyertakan resensi, dan nilai
Klik tautan 'Tulis resensi untuk buku ini' untuk menulis resensi pribadi, yang akan muncul di laman 'Tentang buku ini' yang terkait. Tambahkan nilai berupa angka dengan memilih salah satu ikon bintang di bagian atas laman. Terakhir, atur perpustakaan Anda dengan menambahkan buku ke rak buku virtual. Anda dapat membuat sebanyak mungkin rak buku ubahsuaian dan memiliki opsi untuk menyetel masing-masing sebagai pribadi atau dapat dilihat secara publik. Saat membuat rak buku ini, Anda akan melihat label tersebut ditampilkan di samping kiri perpustakaan.
Bagi pengguna Perpustakaanku, catatan dan keterangan yang Anda buat untuk buku dapat dilihat di samping masing-masing judul di rak buku "Favorit" Anda.
Langkah 4: Berbagi perpustakaan dengan orang lain: 
Rak buku yang bertanda "publik" akan dipublikasikan secara daring, sehingga Anda dapat membaginya dengan orang lain dengan memberikan tautan langsung. Cukup salin URL perpustakaan Anda (yang dimulai dengan http://books.google.co.id/.... ) dan kirimkan tautan itu ke teman atau poskan ke blog. Resensi, peringkat, dan rak buku publik Anda menjadi milik umum secara otomatis, yang artinya bebas dibagi dan ditemukan. Klik
 di sini untuk mengetahui lebih lanjut tentang cara penilaian, resensi, dan koleksi Anda ditampilkan ke publik, dan cara menghapusnya. Anda juga dapat mengekspor daftar buku di perpustakaan Anda.
Perpustakaanku dan Privasi
Resensi, pilihan buku, dan informasi lainnya yang Anda simpan menggunakan Perpustakaanku akan disimpan secara daring dengan Akun Google Anda. Anda dapat mengakses informasi ini dan mengubahnya atau menghapusnya kapan pun dengan mengunjungi laman Perpustakaanku.
Kami tidak membagi informasi tentang pilihan buku atau yang lainnya di Akun Anda kecuali dalam batas yang dicantumkan dalam Kebijakan Privasi Google.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar