Pages

Selasa, 04 Desember 2012


Akar Pohon yang Kuat (Tips untuk Mahasiswa Baru)


Pohon yang tegak ditopang oleh akar yang kuat.
Saya tidak tahu apakah kata-kata di atas merupakan kutipan dari seseorang yang terkenal atau punya ilmuwan atau orang hebat. Saya menyadarinya hari ini saat saya sedang membantu ibu membuat chesse stick untuk kue lebaran. Ibu saya bilang kalo pembuatan adonannya bagus (benar) maka adonan cheese stick pun akan mudah digiling. “Kamu tau kenapa cheese stick ini mudah digilingnya?” Saya bilang tidak tahu. “Karena pas diolah tadi adonannya dibanting-banting”.
Ada 2 hal yang saya dapatkan dari sini :
1. Sesuatu harus dimulai dari dasar dengan amat sangat baik.
2. Sesuatu menjadi amat sangat baik dan bagus karena pengolahannya (proses perjalanan) yang keras.
Hal pertama, menurut saya bisa berubah-ubah. Maksudnya, tidak semua perjalanan diawali dengan awal yang baik. Tapi, bagaimanapun prosesnya atau perjalanan itu teteplah lakukan dengan baik. Jika ingin memulainya, coba terapkan dari hal terkecil. Kita bisa mencobanya melakukan sesuatu yang baik dan membangkitkan semangat di pagi hari. Misalnya saja, berdoa memohon ampunan dan meminta saat Sembahyang di pagi hari. Ibaratnya, pohon akan berdiri tegak dengan ditopang oleh akar yang kuat.
Hal yang kedua dianalogikan dengan perjalanan hidup kita. Setiap orang memiliki perjalanan yang berliku-liku. Kita sering mendengar orang-orang yang sukses sekarang, dulunya hidup dengan banyak kegagalan dan melalui kerasnya hidup.
Contoh sederhananya, seorang anak SMA yang ingin kuliah terlebih dahulu mengikuti Ujian Akhir Nasional kemudian menghadapi lagi ujian untuk masuk perguruan tinggi. Ketika dia sudah lulus dan menjadi seorang mahasiswa, maka dia telah berganti status menjadi mahasiswa dan naik derjatnya bukan lagi seorang siswa. Sama seperti orang-orang sukses kebanyakan yang dulunya hidup serba kekurangan sekarang hidupnya serba berkecukupan dan berlebihan.
Untuk para MaBa gunakan waktu semester petama ini sebaik-baiknya. Semester-semester awal adalah saat yang paling tepat untuk mendongkrak IP. Setelah melewati Semester 2, biasanya mata kuliah akan bertambah susah. Penulis menyadari saat Semester 3 sulit untuk mendongkrak IP, sebaliknya nilai IP menjadi turun.
Saya cukup meyesal sewaktu Semster 1 dulu, saya kurang serius dalam belajar dan kurang giat untuk memperoleh nilai yang bagus untuk mata kuliah yang sangat mendukung program studi. Selain itu, saat menjadi mahasiswa baru semangat dan euforia masih begitu besar dan juga rasa kebanggaan menjadi seorang mahasiswa UI.
Pergunakan waktu dengan baik dan berusaha untuk melakukan yang terbaik serta jangan lupa selalu berdoa. Jika, sudah mempunya dasar yang bagus maka, kedepannya akan menjadi lebih mudah dalam mengejar target-target yang diinginkan. Selain itu, proses penggilingan (perjalanan) yang kita lalui akan tidak terlalu sulit untuk mencapai garis finish.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar